KATA PENGANTAR

Pendidikan merupakan langkah awal yang harus dilakukan sebuah negara, jika ingin maju di bidang ekonomi. Tidak ada negara yang maju perekonomiannya hanya berdasarkan kekayaan alam. Penyelenggaraan pendidikan luar sekolah baik yang di laksanakan pemerintah maupun masyarakat telah mengalami perkembangan yang begitu pesat, khususnya di Wilayah DKI Jakarta. Peningkatan kemajuan tersebut menunjukan bahwa tingkat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya arti pendidikan telah merata disemua lapisan masyarakat.

Menyadari haltersebut diatas maka Jurusan Pendidikan Luar Sekolah UNJ selalu berupaya menggali dan menggerakan partisipasi masyarakat melalui berbagai kegiatan pendidikan dan kursus-kursus keterampilan. Salah satu kegiatan pelatihan tersebut adalah pelatihan Membuat Hiasan Dari Plastisin.

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Dengan kondisi ekonomi yang sangat memprihatinkan, masyarakat perlu adanya perubahan sikap dalam menghadapinya. Dan masayarakat perlu menyadari banyak peluang besar untuk mencari solusinya, seperti pengembangan budaya kewirausahaan dalam mengembangkan home industri. Dengan pengembangan budaya kewirausahaan dapat meningkatkan taraf keejahteraan sosial secara mandiri dan perlunya kesadaran bahwa perubahan nasib dan peningkatan taraf kesejahteraan sosial tergantung dari diri masyarakat itu sendiri.

Home industri sekarang ini sudah menjadi solusi dalam menghadapi krisis ekonomi. Selain itu juga menjadi penyaluran hoby masyarakat. Awal dari hoby dapat berkembang menjadi usaha kecil bahkan besar. Melalui keterampilan tangan, hasilnya akan menjadikan nilai uang. Hal tersebut sanagt membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Plastisin merupakan salah satu keterampilan tangan yang menggunakan beberapa bahan tepung dan lem PVAC atau lem kayu. Yang  dibuat menjadi adonan dan diberi warna sesuai dengan keinginan. Dari adonan tersebut dapat dibentuk sesuai yang kita inginkan seperti miniatur sayur – sayuran, buah – buahan kue, boneka, dsb. Dan dapat juga menjadi hiasan aksesoris rambut, handphone, bros, dsb. Dan pastinya semua orang menyukai hiasan yang cantik. Apalagi bila hiasan itu dibuat oleh tangan sendiri, hiasan itu menjadi bukan hanya sekedar barang pajangan, akan tetapi memiliki makna yang mendalam. Plastisin merupakan kerajinan yang unik, karena bahannya dapat dibentuk menjadi berbagai kreasi dengan berbagai fungsi. Kerajinan tangan ini mudah dipelajari siapa saja mulai anak – anak sampai dewasa.

Mungkin selama ini masayarakat bercita – cita untuk membuat hiasan dengan bentuk yang indah, warna yang menggugah selera, dan detail yang presisi. Namun kelhatannya objek seni dekoratif, terutama yang terbuat plastisin atau bahan polymer, terlalu sulit dan rumit untuk dibuat sendiri. Atau mungkin anda berpikir bahan dasar berkualitas terlalu mahal

Tahap pelatihan, sasaran yang terbagi menjadi 5 kelompok dari perwakilan setiap RT pada satu RW, dan diberikan pengarahan serta informasi mengenai proses pembuatan adonan, pewarnaan serta bentuk dasar. Proses pembuatan  memakan waktu kurang lebih 2 jam. Setelah pemberian benruk dan memberi perekat kemudian proses pengeringan dengan menggunakan angin apabila ingin terlihat lebih cerah dapat diberi vernish atau cat semprot bening.

Tahap evaluasi dan pelaporan, peneliti akan melihat sejauh mana pemahaman sasaran terhadap proses pembuatan plastisin, sekaligus melihat keberhasilan yang telah dicapai dalam bentuk produk plastisin yang telah menjadi hiasan.

Dengan pelatihan plastisin diharapkan masyarakat menkadi mandiri dan terampil dalam membuat berbagai macam hiasan, tentunya akan menjadi barang yang lebih berguna bahkan bisa menimbulkan nilai ekonomi bagi warga – warga di sana.

B. PERUMUSAN MASALAH

Kebutuhan akan keterampilan hidup melalui pelatihan akhir-akhir ini semakin meningkat dikalangan masyarakat dengan adanya dukungan dari beberapa faktor yang mempengaruhi, terutama dalam income setiap masyarakatnya. Dengan merebahnya permintaan pasar yang sangat banyak dalam bentuk hiasan rumah, gantungan handpon maupun berbagai bentuk bros yang dibuat guna untuk penambah dan mempercantik hiasan para pemiliknya maka dengan Membuat Hiasan Dari Plastisin akan menjadi sumber income bagi masyarakat khususnya individu-individu yang ingin menekuni dan ingin merubah ekonomi keluarga mereka dengan lebih baik lagi. Dengan nilai tambah yang diharapkan kemudahan cara pembuatannya masyarakat dapat berkreasi dengan baik.

C. TUJUAN

Adapun yang menjadi tujuan dan kegunaan dari pelatihan yang akan dilaksanakan ini antara lain :

  1. Memberikan gambaran mengenai pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam rangka pengembangan home industri berupa aneka Hiasan Dari Plastisin
  2. Memberikan suatu solusi penanggulangan permasalahan pengangguran
  3. Memberikan suatu konsep pemberdayaan dengan berbagai alternatif,
  4. Memberikan suatu model pemberdayaan bagi masyarakat.

D. MANFAAT KEGIATAN

Manfaat yang bisa didapat dari pelatihan ini adalah masyarakat bisa membuat usaha kecil dalam pembuatan aksesoris untuk dijadikan barang yang mempunyai nilai jual yaitu Hiasan Dari Plastisin. Dan diharapkan agar kegiatan pelatihan ketrampilan ini bisa menambah penghasilan warga dan memandirikan masyarakat.

E. SASARAN

Sasaran warga belajar pelatihan ini adalah ibu-ibu dan remaja puteri (usia 18-25 tahun). Sasaran warga belajar yang ditujukan pada ibu-ibu dan remaja puteri dimaksudkan agar mereka dapat memiliki penghasilan dari keterampilan yang dimilikinya untuk masa depan. Sehingga mereka bisa membuka peluang usaha dengan bekal apa yang dipelajari saat mengikuti pelatihan.

F. METODE YANG DIGUNAKAN

Metode yang tepat untuk digunakan dalam Pelatihan Membuatan Hiasan Dari Plastisin:

1. Metode Ceramah

2. Metode Demonstrasi

3. Metode Tanya jawab

G. KETERKAITAN

Kegiatan ini diharapkan adanya dukungan dari institusi seperti kecamatan, kelurahan, Rw, dan Rt atau dari lembaga koperasi yang ada didaerah tersebut untuk mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Dan dibutuhkannya koperasi untuk membantu mendistribusikan hasil ketrampilan membuat bross yang dbuat oleh warga setelah mendapat pelatihan serta menjadi empat bernaungnya warga dalam berusaha.

H. Rancangan Evaluasi

Setelah mendapatkan pelatihan ini maka untuk melihat hasilnya dilakukanlah evaluasi, adapun cara mengevaluasinya adalah dengan menugaskan para warga belajar untuk membuat sendiri dirumah dan memberikan batas waktu untuk Membuat Hiasan Dari Plastisin dan setelah jadi lalu dikumpulkan untuk dinilai dan menanyakan apakah warga belajar mendapatkan kesulitan dalam membuatnya. Apabila warga belajar mendapatkan kesulitan maka akan diberikan pengarahan bagaimana cara membuat yang benar, dan jika tidak ada kesulitan yang dialami oleh warga belajar maka pelatihan tersebut sudah berhasil.

I. JADWAL PELAKSANAAN               : Minggu, 10-11 april 2010

J. RENCANA ANGGARAN BELANJA

No Keperluan @ Jumlah Total
Kesekretariatan
1 Pembuatan Proposal Rp. 50.000,- 1 Rp. 50.000,-
2 Penggandaan Proposal Rp. 10.000,- 10 Rp. 100.000,-
3 Surat menyurat Rp.250.000,- - Rp. 250,000,-
4 Tinta komputer Rp.200.000,- 1 Rp. 200.000,-
5 LPJ kegiatan Rp. 50.000,- 2 Rp. 100.000,-
Sub total Rp. 700.000,-
Penyuluhan dan Pelatihan
1 Pembuatan media (leaflet dan brosur) Rp.  6000 100 Rp.600.000,-
Sub total Rp.600.000,-
Konsumsi
1 Snack (sosialisasi kelurahan) Rp. 5.000,- 20 Rp. 100.000,-
2 Snack (pelatihan tiap RT) Rp. 5.000,- 10 Rp. 50.000,-
Sub total Rp. 150.000,-
Perlengkapan dan bahan – bahan
1 Tepung terigu 1kg :  Rp 8000 5 Rp. 40.000,-
2 Tepung tapioka 1 kg : Rp 5000 5 Rp.  25.000,-
3 Tepung beras 1 kg :Rp 10.000 5 Rp. 50.000,-
4 Lem PVAC 10 btl besar :Rp 16.000 10 Rp.160.000,-
5 Pewarna makanan Rp 4000 35 Rp. 140.000,-
6 Lem uhu Rp 6000 8 Rp 48. 000,-
7 Peniti 1lusin:Rp 24.000 2 Rp. 24.000,-
8 Plastik kiloan 1 plastik :Rp 4000 5 Rp 20.000,-
Sub total Rp. 507.000,-
Jumlah Total Rp. 1. 957.000,-

BAB II

RUANG LINGKUP PROGRAM

A. Organisasi penyelenggara :

Adapun susunan organisasi penyelenggara dalam pelatihan membuat hiasan plastisin ini adalah sebagai berikut:

Penanggung Jawab program :

Drs. Sri Koeswantono W. M.Si (Ketua Jurusan PLS FIP UNJ)

Pembina program :

Staf Pelaksana kegiatan :

Mahasiswa PLS FIP UNJ angkatan 2006.

Ketua Pelaksana       : Titis Sosionegoro

Sekertaris                    : Safitri

Bendahara                  : Rahmayanti

Seksi-seksi                  :

Seksi Konsumsi         : Nova Riyanti

Seksi Keamanan       : Imbang Jaya. T

Seksi Acara                 : Riska Hanifah

Seksi Dokumentasi  : Bayu

Seksi Perlengkapan : Risa santosa

B. SASARAN

Sasaran warga belajar pelatihan ini adalah ibu-ibu dan remaja puteri (usia 18-25 tahun). Sasaran warga belajar yang ditujukan pada ibu-ibu dan remaja puteri dimaksudkan agar mereka dapat memiliki penghasilan dari keterampilan yang dimilikinya untuk masa depan. Sehingga mereka bisa membuka peluang usaha dengan bekal apa yang dipelajari saat mengikuti pelatihan.

C. NARASUMBER / INSTRUKTUR

Adapun narasumber untuk pelatihan Membuat Hiasan Dari Plastisin ini adalah Titis Sosionegoro selaku pelaksana dalam program tersebut.

D. FASILITAS YANG DI MILIKI

Sarana dan prasarana yang dimiliki ruang pembelajaran, bahan dan alat yang diperlukan dalam pelatihan Membuat Hiasan Dari Plastisin.

E. KURIKULUM

Adapun kurikulum dalam pelatihan Membuat Hiasan Dari Plastisin ini adalah sebagai berikut :

Bahan dan Alat :

  • Tepung terigu
  • Tepung sagu/tapioka
  • Tepung beras
  • Lem kayu putih/PVAC
  • Cat poster/pewarna makanan
  • Lem uhu
  • Peniti bros
  • Keranjang hiasan
  • Plastik kiloan
  • Bando polos

Media :

Modul Pelatihan Pembuatan Hiasan Dari Plastisin

F. BAHAN AJAR YANG DIGUNAKAN

Adapun bahan ajar atau materi yang digunakan dalam pembelajaran membuatan Hiasan Dari Plastisin ini adalah Modul.

G. EVALUASI

Evaluasi hasil pelatihan ini adalah melihat hasilnya pada akhir  pertemuan pelatihan dengan mengadakan evaluasi kepada peserta pelatihan dan memberikan penilaian kepada peserta pelatihan dengan menyediakan sertifikat pelatihan.

H. NETWORKING

Adapun lembaga yang ikut serta dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan ini adalah kelurahan dimana pelatihan ini diadakan.

Contoh bentuk  pelatihan yang sudah berjalan di RW.02 Kelurahan Klender Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur adalah sebagai berikut :

BAB II

RUANG LINGKUP PROGRAM

About these ads