EVALUASI PROGRAM PELATIHAN BERKREASI MENGGUNAKAN KERTAS SEMEN BEKAS


EVALUASI PROGRAM PELATIHAN BERKREASI

MENGGUNAKAN KERTAS SEMEN BEKAS

RT. 01 RW. 07

KEC. SUKMAJAYA KEL. MEKARJAYA

DEPOK

I. TUJUAN PROGRAM

Tujuan umum diadakannya program “Pelatihan Berkreasi Menggunakan Kertas Semen Bekas RT. 01 RW. 07  Kec. Sukmajaya Kel. Mekarjaya Depok II Tengah” ialah atas dasar program kerja Karang Taruna yaitu program pembinaan Anak Remaja, Terutama dalam peningkatan keterampilan dan life skill. Serta pembinaan usaha sebagai kegiatan produktif remaja sangat penting untuk kelangsungan masa depan bangsa. Selain itu, atas dasar Rapat koordinasi karang taruna dengan Dewan Kelurahan Mekarjaya dan warga masyarakat, pada tanggal 2 Januari 2010 bertempat di sekretariat RW. 07 yang inti rapat menghasilkan perlunya peningkatan kapasitas remaja. Atas dasar hal tersebutlah maka tujuan umum dilaksanannya program “Pelatihan Berkreasi Menggunakan Kertas Semen Bekas RT. 01 RW. 07  Kec. Sukmajaya Kel. Mekarjaya Depok II Tengah”.

II. TUJUAN BELAJAR

Tujuan   belajar   diselenggarakannya   pelatihan   ini   adalah sebagai berikut:

  • Memberikan pengertian tentang arti pentingnya peran remaja bagi masa depan bangsa.
  • Memberikan life skill kepada remaja sebagai modal usaha dalam bentuk keterampilan.

Disamping itu hasil yang ingin dicapai dari adanya ” “Pelatihan Berkreasi Menggunakan Kertas Semen Bekas RT. 01 RW. 07  Kec. Sukmajaya Kel. Mekarjaya Depok II Tengah”” yaitu:

  • Antusiasme Remaja dalam pelaksanaan program Pelatihan Airbrush Karang Taruna RT. 01 RW.07 Kelurahan Mekarjaya,Depok II Tengah.
  • Metode yang digunakan harus tepat.

III. RASIONALISASI EVALUASI PROGRAM

Menentukan bagaimana suatu perubahan tingkah laku yang terjadi pada peserta didik setelah mengikuti “Pelatihan Berkreasi Menggunakan Kertas Semen Bekas RT. 01 RW. 07  Kec. Sukmajaya Kel. Mekarjaya Depok II Tengah”

Proses    evaluasi    mencakup    kegiatan    perencanaan, dan penafsiran mengenai keberlangsungan program yang dijalankan di lapangan.

IV. TUJUAN EVALUASI

Tujuan evaluasi dari program  “Pelatihan Berkreasi Menggunakan Kertas Semen Bekas RT. 01 RW. 07  Kec. Sukmajaya Kel. Mekarjaya Depok II Tengah” ialah mengetahui:

  • Mendeskripsikan bagaimana program tersebut dijalankan
  • Untuk mengambil keputusan mengenai keberhasilan program
  • Untuk menindak lanjuti jika terjadi kekurangan dan kelemahan dalam melaksanakan program tersebut agar dapat diperbaiki
  • Mengetahui kesesuaian antara praktek dan rencana kerja.

V. INDIKATOR-INDIKATOR

Indikator-indikator dalam evaluasi program “Pelatihan Berkreasi Menggunakan Kertas Semen Bekas RT. 01 RW. 07  Kec. Sukmajaya Kel. Mekarjaya Depok II Tengah” ini lalah:

  • Sasaran
  • Strategi
  • Metode Pelatihan
  • Jadwal Acara
  • Pembagian team
  • Perlengkapan yang dibutuhkan
  • Antusiasme   siswa-siswi   dalam   pelaksanaan   program  “Pelatihan Berkreasi Menggunakan Kertas Semen Bekas RT. 01 RW. 07  Kec. Sukmajaya Kel. Mekarjaya Depok II Tengah”.

VI. SISTEM PROGRAM (INPUT-PROSES-OUTPUT)

Keberhasilan program dalam evaluasi ini salah satunya dapat dilihat dengan adanya interaksi remaja yang mengajukan pertanyaan kepada para nara sumber. Dengan adanya peran aktif antara nara sumber yang merupakan proses input yang hasilnya akan memcerminkan output yang baik yaitu dapat dijadikan indikator keberhasilan program “Pelatihan Berkreasi Menggunakan Kertas Semen Bekas RT. 01 RW. 07  Kec. Sukmajaya Kel. Mekarjaya Depok II Tengah”.

Jadi, yang menjadi input dalam program ini ialah peran serta peserta pelatihan dengan narasumber. Sedangkan outputnya yaitu peserta dapat memahami bagaimana melakukan peningkatan kemampuan keterampilan kertas Semen bekas sebagai modal usaha sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

VII. MEMILIH DAN MENGEMBANGAN INSTRUMEN

Instrumen yang dibuat yaitu berupa pertanyaan-pertanyaan peserta yang dibuat oleh evaluator untuk dapat dijawab, pertanyaan-pertanyaan tersebut berupa pertanyaan tertutup dan yang nanti dijadikan suatu masukan guna mengambil keputusan untuk melakukan perbaikan pada program selanjutnya.

VIII. PELAKSANAAN EVALUASI PROGRAM

Pelaksanaan evaluasi perlangsung pada saat kegitan berjalan. Yaitu terhitung dari tanggal 01 Dedember 2009 s/d 09 Januari 2010.

IX. PENGUMPULAN DATA

Data yang terlampir dalam laporan berupa :

•   Waktu pelaksanaan kegiatan program

•   Tempat

•   Peserta yang data

•   Yang hadir

Data yang terkumpul dari para peserta warga belajar dari instrumen yang telah diisi ialah sebagai berikut: Instrumen Program “Pelatihan Berkreasi Menggunakan Kertas Semen Bekas RT. 01 RW. 07  Kec. Sukmajaya Kel. Mekarjaya Depok II Tengah”.

NO Pertanyaan Ya % Tidak % Ket.
1 Apakah merasa program kegiatan ini berguna bagi anda? 85 15
2 Apakah metode penyampaian materi ini jelas dan efektif? 52 48
3 Apakah anda antusias? 87 13
4 Apakah anda merasa jumlah peserta yang hadir cukup banyak 73 27
5 Apakah acara yang diadakan tepat? 65 35
6 Apakah anda melihat kesiapan panitia matang? 77 23
7 Apakah media yang digunakan sudah tepat? 50 50

X. ANALISIS

Berdasarkan pengamatan evaluator, semua ramaja pada umumnya menyambut baik, terlihat dari persiapan masyarakat yang cukup baik, terutama dalam penyiapan tempat, pengerahan remaja serta hal-hal lain yang berkaitan dengan persiapan pelatihan,

Sedangkan berdasarkan data yang dikumpulkan dan diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa peserta sangat antusias dengan adanya pelaksanaan program pelatihan Berkreasi Menggunakan Kertas Semen Bekas pada remaja.

Hal tersebut dapat dilihat dari instrumen yang diberikan kepada peserta. Mulai dari sasaran dari program tersebut tercapai, tujuan umum dan khusus diadakannya program ini juga tercapai. Managemen dari pelatihan tersebut juga telah terlaksana dengan cukup baik mengingat penyajian materi dari para nara sumber dan penyaji sangat sistematis dan mengena pada kalangan yang nota bene adalah remaja. Sehingga dapat dikatakan bahwa perlaksanaan program ” “Pelatihan Berkreasi Menggunakan Kertas Semen Bekas RT. 01 RW. 07  Kec. Sukmajaya Kel. Mekarjaya Depok II Tengah” dapat dikatan “berhasil” dan “efektif”.

XII. LAPORAN

Laporan Hasil Rapat Pelatihan Berkreasi Menggunakan Kertas Semen Bekas

1.   Dasar              : Program kerja karang taruna.

2.   Waktu             : Sabtu, 09 Januari 2010, jam 09.00 WIB s/d selesai.

3.   Tempat          : Sekretariat RW. 07 Kel. Mekarjaya, Depok II   Tengah.

4.   Peserta Yang Diundang:

  • Dewan kelurahan.
  • Ka. Karang Taruna
  • Ka. RT dan RW 07 Mekarjaya Depok.

5.   Yang Hadir  :

Dewan kelurahan.

  • Ka. Karang Taruna                              (1 orang).
  • Ka. RT dan RW 07 Mekarjaya, Depok.   (20 orang).
  • Remaja                                             (30 orang)
  • Warga                                                          (15 orang)

6.   Biaya        :  Swadaya masyarakat dan dana karang taruna.

7.   Strategi dan Metode Pelatihan

Strategi yang diterapkan adalah melibatkan Dinas Instansi yang terkait yang ada relevansinya dengan tujuan program yaitu tokoh masyarakat dengan pejabat desa.

8.   Hasil-hasil  :

a) MATERI DAN NARA SUMBER

Materi Pelatihan  Berkreasi Menggunakan Kertas Semen Bekas ditinjau dari aspek seni yang dibawakan oleh anggota nara sumber (Materi sudah diterima dan tinggal pengadaan oleh panitia mengenai Berkreasi Menggunakan Kertas Semen Bekas).

Materi Pelatihan  Berkreasi Menggunakan Kertas Semen Bekas

B)  SASARAN

Remaja RT. 04 RW. 024 (sekitar 50 orang)

C) Jadwal Pelatihan Semen Bekas Berkreasi

Tanggal 01 Desember 2009 s/d 02 Januari 2010 sebagai berikut:

NO Hari / Tanggal Jenis Kegiatan Bentuk Sasaran Sumber
1 17 Desember 2009 Pengeznalan Semen Bekas Berkreasi (sejarah, perkembangannya, cara kerja, alat dan bahan). CeramahTanya Jawab Peserta Pelatihan(Pemuda Karang Taruna) ModulFasilitator
2 19 Desember 2009 Free test (praktek mengenal alat dan cara kerja). Praktek Peserta Pelatihan(Pemuda Karang Taruna) ModulFasilitator
3 21 Desember 200 Objek I (mengambar objek sederhana teknik freehand dan mal). Praktek Peserta Pelatihan(Pemuda Karang Taruna) ModulFasilitator
4 23 Desember 2009 Lettering(Proses pewarnaan kertas semen dengan cara pencelupan). Praktek Peserta Pelatihan(Pemuda Karang Taruna) ModulFasilitator
5 25 Desember 2009 Objek II (membuat gambar dengan empat warna lebih). Praktek Peserta Pelatihan(Pemuda Karang Taruna) ModulFasilitator
6 27 Desember 2009 Pengulangan Pelatihan Praktek Peserta Pelatihan(Pemuda Karang Taruna) ModulFasilitator
7 29 Desember 2009 Pengaulangan Pelatihan Praktek Peserta Pelatihan(Pemuda Karang Taruna) ModulFasilitator

D)   PERLENGKAPAN

• Overhed Proyektor & layarnya

•  Wirelest

• VCD

•  LCD

• TV 21 Inc

• Kabel-kabel

E) KESIMPULAN DAN SARAN

•   Kesimpulan

Revelensi keterampilan Semen Bekas Berkreasi khususnya dikalangan remaja semakin meningkat, salah satu penyebarannya adalah minimnya pengetahuan remaja akan keterampilan Semen Bekas Berkreasi sebagai usaha.

•   Saran-saran

Untuk suksesnya acara tersebut diatas yang dilaksanakan oleh karang taruna dirasakan:

Perlu bantuan/dukungan dana; dan instansi terkait demi suksesnya program ini. Program ini tepat sekali dijalankan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan bersama, mengingat pada program kerja karang taruna.

Penulis:

You may plan but God who determines.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s